Sunday, 5 May 2024
HomeKota BogorPemkot Bogor Gelar Vaksinasi Khusus Warga Komorbid di Tujuh Rumah Sakit

Pemkot Bogor Gelar Vaksinasi Khusus Warga Komorbid di Tujuh Rumah Sakit

Bogordaily.net – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bekerja sama dengan Gojek menggelar Covid-19 khusus komorbid di tiga sentra , yakni Rumah Sakit PMI, Rumah Sakit Ummi dan Rumah Sakit Melania dengan menggunakan vaksin Moderna.

massal khusus warga komorbid ini berlangsung Senin 6 September hingga Kamis 9 September 2021 mendatang, dengan kuota peserta 600 orang per hari.

Warga Kota Bogor yang ingin disuntik vaksin dapat mengisi link https://loket.com/e/jabarvaksin?utm_source=Organic&utm_medium=landingpage&utm_campaign=2021vaksinminisite

Selain itu, Pemkot Bogor juga bekerja sama dengan dan membuka sentra dengan vaksin Moderna di empat rumah sakit, yakni RSUD Kota Bogor, Bogor Senior Hospital Bogor, RS Hermina Bogor dan RS BMC.

Persyaratannya peserta berusia 18 tahun ke atas dan memiliki KTP Kota Bogor, belum pernah mendapatkan vaksin Covid-19 sebelumnya, memiliki Komorbid dan membawa surat rekomendasi dokter.

Serta hanya untuk yang sudah mendaftar melalui aplikasi, hanya berlaku untuk yang melaksanakan pertama (1), tidak menerima akseptor yang terdaftar dalam Vaksinasi Gotong Royong.

Cara skrining dan penjadwalannya melalui Aplikasi :

1. Unduh aplikasi Good Doctor – https://gooddoctor.onelink.me/Cmiw/456ce6c3
2. Pilih menu Vaksinasi Covid-19

Atau bisa juga melalui aplikasi :

1. Buka Aplikasi , pilih menu Kesehatan atau akses layanan melalui link ini:
https://gdoctr.co/VaksinasiCovid19
2. Klik Banner Vaksinasi Covid-19
3. Isi kuesioner skrining kesehatan sefaktual mungkin.
4. Bila Anda lolos skrining kesehatan tersebut, silahkan langsung pilih menu ‘Bogor'. Lalu pilih ‘RSUD/BSH/RS Hermina Bogor/RS BMC''.
5. Pilih hari dan jam vaksinasi dari slot yang tersedia

“Hari ini kuota peserta di RS PMI 162 orang namun sampai siang ini yang datang baru sedikit padahal sudah disosialisasikan di media sosial PMI, Pemkot dan Gojek,” ujar Kepala Bidang Sekretariat RS PMI Kota Bogor, Niken Churniadita, Senin 6 September 2021.

Niken sapaannya mengatakan, pihaknya akan mencoba kembali menyampaikan informasi ini di poliklinik Rumah Sakit PMI, agar semakin banyak peserta yang hadir.

Ia mengingatkan, khusus peserta vaksin dengan komorbid wajib membawa surat rekomendasi dari dokter yang merawat, surat ini turut dilampirkan dengan persyaratan lainnya seperti KTP dan kartu kendali.

“Selebihnya sama, termasuk dosis vaksinnya tapi untuk komorbid dipilih jenis vaksin yang keampuhannya tinggi dan efek sampingnya lebih rendah seperti Moderna,” imbuhnya.

Rumah Sakit PMI Kota Bogor kata dia, turut serta memfasilitasi gelaran vaksinasi ini tak lain agar Pandemi Covid-19 lekas selesai dengan lebih banyak dibukanya sentral vaksin.

Apalagi bagi peserta komorbid akan lebih nyaman jika melakukan vaksinasi di rumah sakit, karena di sini tidak sepadat sentral vaksin lainnya mengingat peserta komorbid lebih berisiko.

“Insya Allah kami bisa berlanjut memfasilitasi tempat vaksin selama antusiasme masyarakatnya. Mungkin karena jam pelayanan sampai pukul 15.00 sore jadi yang datang satu-satu, nanti akan kami evaluasi,” katanya.

Salah satu peserta vaksinasi, Michael Susilo (51) mengatakan, ia merupakan peserta vaksin dengan komorbid yakni penyakit autoimun Guillain Barre Syndrome (GBS).

Hingga selesai observasi 30 menit ia tidak mengalami efek samping apapun dan diizinkan pulang.

Ia menuturkan, keinginan untuk vaksinasi meski memiliki komorbid diakuinya sudah ada sejak awal digelarnya vaksinasi Covid-19.

Sebelum vaksinasi hari ini, ia sudah terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter syaraf yang merawatnya dan setelah diperbolehkan dokter ia tidak khawatir mengikuti vaksin.

“Dokter memperbolehkan dan menyarankan agar saya di vaksin jenis Moderna. Saya senang ada pelayanan vaksinasi di RS PMI, karena prokesnya juga bagus, ia berharap dosis vaksin keduanya Oktober mendatang juga bisa dilakukan di RS PMI dan dosis kedua membuat imunitasnya lebih terjaga tentunya dengan tetap menjaga prokes,” imbuhnya.

Sementara itu, peserta vaksinasi lainnya, Sari Nurjanah (40) mengatakan, meski memiliki alergi terhadap obat-obatan, antibiotik dan makanan ia tetap melaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis pertamanya.

Sebelum melakukan vaksinasi ia melakukan terapi terlebih dahulu dan kemudian diperbolehkan vaksin dari dokter penyakit dalam yang merawatnya.

“Saya datang kondisinya sehat tidak sedang alergi tapi sesaat setelah di suntik vaksin alergi obat-obatan saya mulai kambuh, awalnya tangan kiri saya gatal, lalu ke punggung, ke seluruh badan dan ke muka terasa kebas,” ujar Warga Cikaret tersebut.

Sari menjelaskan, efek ini terjadi karena memang tubuhnya menolak hampir semua jenis obat-obatan dan antibiotik.

Ia pun segera mendapatkan penanganan dari dokter RS PMI dengan diberikannya obat anti alergi dan setelah berbaring sekitar 30 menit lebih kondisinya berlangsung membaik.

“Dokter saya pun memang menyarankan agar vaksinnya di rumah sakit agar jika ada efek atau alergi kambuh bisa segera ditangani, saya harap di rumah sudah tidak ada efek samping apa-apa lagi,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here