Saturday, 20 April 2024
HomeKabupaten BogorSoal Samisade, Mendes PDTT: Ade Yasin Bupati Cerdas dan Tepat

Soal Samisade, Mendes PDTT: Ade Yasin Bupati Cerdas dan Tepat

Bogordaily.net, , memuji program Satu Milyar Satu Desa () yang diluncurkan Bupati Bogor, . Menurutnya, ia bisa menggambarkan sosok Ade Yasin melalui dua kata, yakni Bupati yang cerdas dan tepat, cerdas dalam mengambil kebijakan dan tepat dalam mengambil langkah.

Hal tersebut diutarakannya secara live di Program Indonesia Forward, CNN Indonesia, Kamis 18 November 2021.

Menurut Mendes Abdul Halim, dalam Sustainable Development Goals (SDGs) desa, ini adalah goals yang ke sembilan, yakni infrastruktur dan inovasi desa sesuai kebutuhan.

Kalau masalah-masalah pembangunan dilakukan dengan pendekatan level desa dan berbasis data mikro, pasti cepat selesainya.

Bupati Bogor mengambil kebijakan memberikan prioritas penyelesaian urusan infrastruktur desa dengan berbasis pada hasil telaahan.

“Dua kata untuk Bupati Bogor, Ibu Ade Yasin yaitu cerdas dan tepat, cerdas dalam berpikir tepat dalam melangkah, karena infrastruktur di desa itu memang sebuah masalah yang hampir dihadapi seluruh desa di Indonesia. Dengan , saya yakin dalam satu periode kepemimpinan, pasti banyak yang dilakukan dan pasti dapat menggembirakan masyarakat Kabupaten Bogor,” ujar Abdul Halim.

Ia mengungkapkan, saya selalu sampaikan ke desa-desa agar membangun desa berdasarkan pada problem, pada masalah bukan pada keinginan tapi karena pada kebutuhan.

Banyak dulu-dulu itu perencanaan pembangunan desa baik yang bersumber dari dana desa maupun dari pembangunan lain, selalu berdasarkan keinginan.

“Keinginan kepala desa, keinginan bupati, keinginan tokoh ulama, keinginan aset. Nah sekarang sudah dicontohkan Bupati Bogor, perencanaan pembangunan berdasarkan kebutuhan,” kata Abdul Halim.

Mendes menambahkan, saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Bupati Bogor, karena apa yang dilakukan ini sangat tepat dan sesuai dengan kebutuhan oleh masyarakat desa di Indonesia.

Oleh Karena itu, Kabupaten Bogor bisa menjadi contoh untuk daerah lain, dan desa-desa di Kabupaten Bogor bisa menjadi contoh bagi desa-desa di seluruh Indonesia. Karena model pembangunan desa yang cepat adalah replikasi, yakni amati, teliti, dan modifikasi.

Di Kabupaten Bogor ada program dan saya pamerkan ke desa-desa lain, desa lain akan melihat dan akan dicontoh keberhasilannya serta dimodifikasi sesuai kebutuhannya masing-masing. Saya mohon dengan sangat Bupati Bogor dapat mengakomodasi ketika banyak desa atau kabupaten lain yang datang ke Kabupaten Bogor untuk meniru konsep ini.

“Saya berharap pendampingan dari bupati kepada desa lebih diintensifkan lagi, bukan hanya untuk program tapi juga dana desa, saya minta didampingi dalam perencanaan, supaya terintegrasi dengan seluruh program yang selaras dengan strategi pembangunan nasional,” katanya.

Bupati Bogor, Ade Yasin mengungkapkan, dengan , bagaimana caranya kita menyelesaikan persoalan infrastruktur di desa, karena ketika kita lihat, masih ada jalan yang susah dilalui oleh manusia, apalagi oleh kendaraan, sehingga munculah ide kami dan termasuk visi misi kami, yaitu bagaimana desa membangun. Desa yang membangun, jadi bukan membangun desa, tapi desa yang membangun. Artinya desa ini harus bisa membangun desanya.

ini dilaksanakannya harus dengan perencanaan desa. Artinya ada musyawarah desa terlebih dahulu. Dalam musyawarah desa itu, kepala desa melibatkan tokoh masyarakat, RT, RW, jadi mereka tau kebutuhannya mana yang harus dibangun,” ungkap Ade Yasin.

Salah satu contohnya, jelas Ade Yasin, ada jalan hutan yang kecil dan orang pun takut masuk situ, apalagi kalau sudah malam. Jadi dianggapnya karena panjang, dianggapnya mustahil ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here