Friday, 3 May 2024
HomeNasionalPeringati Hari Gizi Nasional 2022, Dinkes Keluarkan Logo Baru dan Ini Artinya

Peringati Hari Gizi Nasional 2022, Dinkes Keluarkan Logo Baru dan Ini Artinya

Bogordaily.net – Hari Gizi Nasional (HGN) diperingati setiap tanggal 25 Januari setiap tahunnya. Dan padahari ini,  Selasa 25 Januari 2022, memasuki usia ke-62, dengan tampilkan .

Melansir dari situs Sehat Negeriku Kemenkes, upaya perbaikan gizi masyarakat telah dimulai sejak tahun 1950. Saat itu, Menteri Kesehatan J Leimena mengangkat Poorwo Soedarmo sebagai kepala Lembaga Makanan Rakyat (LMR), yang waktu itu lebih dikenal sebagai Instituut Voor Volksvoeding (IVV).

Hari Gizi Nasional (HGN) diselenggarakan untuk memperingati dimulainya pengkaderan tenaga gizi Indonesia dengan berdirinya Sekolah Juru Penerang Makanan oleh LMR pada tanggal 25 Januari 1951. Sejak saat itu pendidikan tenaga gizi terus berkembang pesat di banyak perguruan tinggi di Indonesia. Kemudian disepakati bahwa tanggal 25 Januari di sebagai Hari Gizi Nasional Indonesia.

Hari Gizi Nasional pertama kali diadakan oleh Lembaga Makanan Rakyat (LMR) pada pertengahan tahun 1960-an. Kemudian, peringatan Hari Gizi Nasional dilanjutkan oleh Direktorat Gizi Masyarakat sejak tahun 1970-an. Hingga sekarang, Hari Gizi Nasional merupakan agenda resmi Kementerian Kesehatan RI.

Logo mengusung tema ‘Stunting dan Obesitas'. Hari Gizi Nasional jatuh pada tanggal 25 Januari setiap tahunnya.

Hari Gizi Nasional diperingati sebagai upaya membangun kesadaran masyarakat akan kesehatan melalui gizi yang seimbang. Berikut informasi selengkapnya terkait Logo .

Dinas Kesehatan mengeluarkan logo untuk Hari Gizi Nasional ke-62. Tampak berbagai warna menghiasi tersebut.

Logo menandakan tema yang diangkat untuk peringatan tahun ini. Melansir situs resmi Dinkes Sleman, tema Hari Gizi Nasional tahun ini adalah “Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas”.

Menurut Kemenkes RI, stunting merupakan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak karena kurang gizi kronis dan infeksi berulang yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar pada umumnya. Stunting pada anak menyebabkan terganggunya perkembangan otak, metabolisme tubuh, dan pertumbuhan fisik.

Dalam logo tersebut tampak anak laki-laki dan perempuan saling mengangkat salah satu tangannya. Tentunya, logo tersebut memiliki arti. Arti dari logo tersebut tumbuh kembang anak-anak yang sehat pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Selain gambar dua anak laki-laki dan perempuan, juga terdapat logo bergambar isi piringku yang keseimbangan pola makan/porsi agar tumbuh kembang anak tidak memiliki berat badan yang berlebihan.

Sedangkan 62 yang tertera di sana merupakan angka peringatan Hari Gizi Nasional (HGN).***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here