Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaPublikasi Kinerja Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bogor Tahun 2022

Publikasi Kinerja Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bogor Tahun 2022

Bogordaily – Dalam   rangka  mendukung “Mewujudkan Kabupaten Bogor Termaju, Nyaman dan Berkeadaban” Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bogor melaksanakan penyusunan rencana kerja melalui Forum Perangkat Daerah pada  Tahun  2022 untuk rencana kerja di Tahun 2023. Kegiatan dilakukan di Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga  Kabupaten  Bogor pada tanggal 22 Februari 2022, pelaksanaan juga dilakukan secara offline dan online bersama dengan Stakeholder terkait diantaranya adalah Anggota DPRD, KONI, NPCI, KNPI, KWARCAB, BAPOPSI, FORMI dan Perangkat Daerah Lainnya.

Pada awal tahun 2022 Bidang Layanan Kepemudaan telah melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya adalah Seleksi dan Pembentukan Paskibraka dan Pasukan 45 Tingkat Kabupaten Bogor

BIDANG LAYANAN KEPEMUDAAN

Pembinaan dan Penyadaran Pemuda dalam Iman dan Taqwa (Imtaq) dan  Pemberian Beasiswa kepada pemuda berprestasi.

Seleksi paskibraka tahap pertama dilakukan di 6 wilayah yaitu SMPN 1 Jonggol, SMPN 2 Cibinong, SMPN 1 Parung, SMPN 1 Ciawi, SMPN 1 Leuwiliang, SMPN  1  Ciomas. Sedangkan tahap kedua dilakukan di Wisma Dharmais Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor.

Kegiatan Pembinaan dan Penyadaran Pemuda  dalam Iman dan Taqwa (Imtaq) dilakukan sebanyak 4 angkatan dimulai sejak 17 Maret 2022 sampai dengan 8 April 2022.

Selanjutnya Kegiatan Beasiswa Pancakarasa berupa pembayaran uang kuliah mahasiswa S1 semester genap tahun akademik 2021/2022, pelaksanaan dari bulan februari sampai april  2022  untuk 1.085 mahasiswa dan 8 Mahasiswa tidak dibayarkan karena sudah lulus, pindah perguruan tinggi dan mengundurkan diri.

BIDANG PEMBUDAYAAN OLAHRAGA

Pada Bidang Pembudayaan Olahraga telah dilaksanakan 2 (dua) Kegiatan diantaranya Bimtek Pengembangan Olahraga Pelajar, kegiatan dilaksanakan pada tanggal 29 – 31 Maret 2022, bertempat di Hotel Amarsha Cisarua. Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah 40 Orang Pelajar SMP perwakilan dari  40  Kecamatan di Kabupaten Bogor

kemudian Kegiatan Bimbingan Teknis Olahraga Tradisional Jenjang SD Tingkat Kabupaten Bogor  yang  dilaksanakan tanggal 7 – 9 Maret 2022 di Hotel Megamendung Permai. Pesertanya berjumlah 40 Orang Guru PJOK SD perwakilan dari  40 Kecamatan di Kabupaten Bogor

BIDANG PENINGKATAN PRESTASI OLAHRAGA

Pada Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga dilakukan kegiatan pelatihan pengembangan dan pembinaan tenaga keolahragaan cabang olahraga Catur yang dilaksanakan pada  tanggal 14-16 Maret 2022 di Hotel Mega, Megamendung. Jumlah peserta sebanyak 80  orang  berasal dari Komite Olahraga Kecamatan (KOK), atlet, pelatih, pengurus catur di Kabupaten Bogor.

Kegiatan Pelatihan Pelatih/Wasit dan Organisasi Cabang Olahraga (Hockey) 21-26 Februari 2022 di Hotel Grand Pesona. Peserta pada kegiatan Pelatihan Pelatih/Wasit dan Organisasi Cabang Olahraga (Hockey) yang berjumlah 35 orang berasal dari club-club Hockey yang ada di Kabupaten Bogor.

Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan akan   bertambahnya jumlah tenaga keolahragaan (wasit) cabang olahraga hockey yang bersertifikat kegiatan Pelatihan Pelatih dan Organisasi Cabang Olahraga (Sepakbola)  dilaksanakan pada tanggal 7 – 12  Maret  2022,  bertempat di Hotel Grand Pesona, sebanyak 30 orang telah mengikuti kegiatan tersebut,  berasal   dari club – club Sepakbola di Kabupaten Bogor.

PPOPM

Pendidikan dan Pelatihan Olahraga Pelajar dan Mahasiswa (POPM) Merupakan UPT di bawah naungan Dinas Pemuda  dan  Olahraga Kabupaten Bogor  sebagai wadah untuk melatih atlet  pelajar menjadi atlet profesional di level nasional dan internasional.

Tahun 2022 terdapat  149  (79  Putra dan 70 Putri) Atlet yang telah diseleksi dari  40  kecamatan se-Kabupaten Bogor dan terdapat 13  Cabang Olahraga yang dilatih di PPOPM diataranya: Sepakbola, Basket, Bola Voli, Voli Pasir, Atletik, Karate, Tinju, Taekwondo, Pencak Silat, Angkat Besi, Panahan, Anggar  dan  Dayung. Adapun Prestasi terakhir yang diraih pada Tahun 2021 yaitu: (atlet dan alumni)

  • WORLD CHANGMOOKWAN CHAMPIONSHIP 2021 TAEKWONDO berhasil membawa 1 Emas dan 3 Perunggu
  • PON XX 2021 PAPUA berhasil membawa 7 Emas, 2 Perak dan 3 Perunggu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here