Tuesday, 19 March 2024
HomeBeritaPublikasi Kegiatan Triwulan Satu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bogor

Publikasi Kegiatan Triwulan Satu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bogor

Peradaban maju suatu masyarakat identik dengan infrastruktur yang maju. Guna mewujudkan Kabupaten Bogor termaju, nyaman dan berkeadaban. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bogor sebagai SKPD yang bertanggung jawab untuk membantu Bupati Bogor dalam pelaksanaan urusan pemerintahan daerah di bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang serta tugas pembantuan lainnya, berupaya secara optimal untuk mengatasi permasalahan-permasalahan infrastruktur yang ada di Kabupaten Bogor. Permasalahan tersebut terdiri dari permasalahan infrastruktur Jalan, Jembatan, Irigasi, Sanitasi, Jasa Konstruksi hingga perbantuan penanggulangan bencana alam.

Dalam rangka menyediakan air bersih yang layak konsumsi bagi masyarakat Kabupaten Bogor, pada triwulan pertama di tahun 2022 ini, Dinas PUPR telah melaksanakan acara peresmian pembangunan sarana dan prasarana Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Desa Cibeureum Kec. Cisarua, SPAM Desa Gunung Bunder 2 dan Desa Gunungsari. Begitu pula dalam rangka penyediaan sarana dan prasarana sanitasi lingkungan. Dinas PUPR telah melaksanakan pembangunan IPAL KOMUNAL di Kp. Lemah Duhur RT. 002/003 Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua, IPAL Komunal Desa Pamijahan dan Desa Gunungsari. Sedangkan  guna menjaga kesehatan serta kebersihan lingkungan para santri-santri yang sedang menuntut ilmu di pondok pesantren, Dinas PUPR melaksanakan pembuatan MCK++ Ponpes Ar-Rossadiyah dan Ponpes Dar Assyifa Kabupaten Bogor.

 

Di Bidang Irigasi dan Sumber Daya Air, Dinas PUPR  telah melakukan rehabilitasi Daerah Irigasi Salihun di Kecamatan Pamijahan . Kegiatan ini dilaksanakan guna meningkatkan kualitas irigasi yang dimanfaatkan oleh masyarakat daerah setempat.

 

Disisi lain demi meningkatkan kenyamanan masyarakat Kabupaten Bogor dalam melaksanakan aktifitas berkendaraan. Dinas PUPR telah menyelesaikan pembangunan jembatan Gunung Peuteuy sepanjang 25,44 meter dan lebar 4,50 meter. Jembatan ini merupakan jembatan penghubung antara Desa Gunung Picung dengan Desa Gunung Sari Kecamatan Pamijahan.

Foto jembatan Gn. Peuteuy

Pada tahun anggaran 2022 ini,  Dinas PUPR sedang memproses 2 kegiatan pembangunan jalan, 112 kegiatan peningkatan jalan, 2 kegiatan rehabilitasi jalan, 8 kegiatan pembangunan jembatan serta pemeliharaan ruas- ruas jalan yang dimiliki oleh Kabupaten Bogor. Dinas PUPR meminta maaf jika seluruh kinerja dan pencapaian kurun waktu Januari-Juli 2022 belum bisa memenuhi harapan seluruh warga Kabupaten Bogor. dengan menguatkan komitmen, kolaborasi, dan sinergi dari semua stake holder yang ada, Insya Allah semua target kegiatan yang ditugaskan kepada Dinas PUPR akan mampu dituntaskan tepat pada waktu yang telah ditetapkan. Sehingga  jargon Kabupaten Bogor sebagai city of sport and tourism dapat terwujudkan.(FA/ ADV).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here