Gunung Ini Penuh Misteri! Ada Pasar Setan hingga Kerajaan Jin

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Kisah Misteri · 13 Sep 2022 22:06 WIB

Gunung Ini Penuh Misteri! Ada Pasar Setan hingga Kerajaan Jin


 Ilustrasi tempat seram. (Pixabay/ArtTower/Suara.com) Perbesar

Ilustrasi tempat seram. (Pixabay/ArtTower/Suara.com)

Bogordaily.net–  Sejumlah tempat di Indonesia memiliki misteri tersendiri, salah satunya Gunung Lawu Gunung Lawu yang terletak di antara perbatasan Jawa Tengah yakni Kota Karanganyar dan Jawa Timur tepatnya Magetan. Tak banyak diketahui orang berikut misteri Gunung Lawu yang bakal membuat bulu kudukmu merinding. Gunung ini merupakan salah satu gunung yang jadi primadona para pendaki dalam negeri.

Sebab lanskap Gunung Lawu cenderung jauh lebih hijau dan indah ketimbang pemandangan yang ada di gunung berapi lainnya. Nah di balik keindahan gunung setinggi 3.625 mdpl itu, tersimpan misteri dan cerita mistis. Sebagaimana dilansir Sonor.id, berikut misteri Gunung Lawu:

Gunung Bernyawa

Bagi beberapa kalangan, Gunung Lawu diyakini sebagai gunung yang mempunyai ‘nyawa’ atau kekuatan tersendiri. Hal tersebut disebabkan lantaran pengalaman para pendaki yang merasa selalu didengar oleh semacam kekuatan gaib yang di gunung tersebut.

Bila ada pendaki yang bicara kotor, misalnya, pendaki tersebut sejurus bakal mendapati kemalangan atau hal yang tak diinginkan, di mana itu diyakini datang dari kekuatan Gunung Lawu untuk memberi pelajaran kepada si pendaki. Dalam keadaan yang parah, para pendaki yang tak menjaga sopan santun bisa hilang dan tak ditemukan di Gunung Lawu.

Pasar Setan

Sebagaimana banyak gunung yang lain, salah satu misteri Gunung Lawu yang diyakini banyak orang adalah adanya pasar setan. Menurut cerita beberapa pendaki, pada hari tertentu akan ada segerombolan orang berjualan yang persis dengan pasar di malam hari, di mana pada saat itu para pendaki juga bisa ikut serta dalam kegiatan jual-beli seperti biasa. Jangan salah, kerumunan tersebut diyakini bukan berasal dari manusia, melainkan makhluk halus: itu alasan mengapa kerumunan itu disebut sebagai pasar setan.

Burung Jelmaan Kyai Jalak

Keberadaan Gunung Jalak adalah salah satu misteri Gunung Lawu yang paling terkenal hingga sekarang. Siapa saja yang pernah mendaki Gunung Lawu tentu tak asing lagi dengan burung jalak hitam yang memberi petunjuk jalan kepada pendaki sesaat sebelum mencapai puncak. Uniknya, hanya pendaki yang menjaga sopan santun dan berakhlak baiklah yang bisa menjumpai burung tersebut.

Larangan Memakai Baju Hijau

Larangan memakai baju hijau adalah salah satu mitos Gunung Lawu yang hingga kini masih diyakini banyak orang. Hal tersebut disebabkan Ratu Selatan diyakini masih punya hubungan dengan kerajaan jin yang ada di Gunung Lawu. Bila ada pendaki yang memakai baju hijau, itu dianggap sebagai penghinaan terhadap penghuni gunung.

Jumlah Pendaki Dilarang Ganjil

Di kalangan para pendaki, sudah menjadi rahasia umum bahwa ketika sekelompok pendaki hendak mendaki Gunung Lawu, jumlah mereka tak boleh ganjil. Menurut kisah beberapa pendaki, bila sekelompok orang mendaki Gunung Lawu dengan jumlah anggota ganjil, secara otomatis bakal ada penghuni gunung (makhluk halus) yang bakal datang menggenapinya.***

 
Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Seram, Nih Jenis Jin yang Suka Nempel di Tubuh Manusia

2 Desember 2022 - 10:46 WIB

Apartemen Angker Jakarta! Awas, Jangan Baca Sendirian!

1 Desember 2022 - 20:25 WIB

apartemen angker jakarta

Kisah Keangkeran di Kampus UNAIR, Dihuni Banyak Mahkluk Halus

30 November 2022 - 19:03 WIB

keangkeran kampus UNAIR

Lirik Lagu Lingsir Wengi Kuntilanak & Maknanya, Awas, Jangan Dinyanyikan Sendirian!!

30 November 2022 - 16:45 WIB

Sosok Kuntilanak Merah

Delivery Man, Kurir Paket yang Terjebak dalam Bisnis Gelap

29 November 2022 - 23:37 WIB

Delivery Man

Kisah Mistis Pulau Kuburan dan Hantu Korban Perang

28 November 2022 - 19:48 WIB

Trending di Kisah Misteri