Friday, 29 March 2024
HomeKabupaten BogorSudah Layak Operasi, Pemkab Bogor Tinjau Langsung Kawasan KEK Lido

Sudah Layak Operasi, Pemkab Bogor Tinjau Langsung Kawasan KEK Lido

Bogordaily.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Burhanudin bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Pusat lakukan kunjungan lapangan ke (KEK) Lido, sekaligus melakukan Rapat Pembahasan Evaluasi Pembangunan dan Kesiapan Pengoperasian KEK Lido, yang berlangsung di Ruang Eboni Cendana, Lido Lake Resort, Jl. Raya Sukabumi No.KM. 21, Watesjaya, Kec. Cigombong, Sabtu, 1 Oktober 2022.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Bogor senantiasa mendukung keberadaan Lido di Kabupaten Bogor.

Saat ini, juga sedang menjajaki kerjasama sister city dengan Kota Jedah Saudi Arabia, karena wilayah tersebut adalah bagian dari pengembangan wilayah Puncak Selatan termasuk Lido sampai Cisarua dalam satu kawasan pengembangan .

“Tidak hanya itu, kami juga siap ikut mempromosikan KEK Lido ini. Kami ada pelayanan terpadu satu pintu melayani berbagai investasi di Kabupaten Bogor. Kerjasama juga sedang berjalan dengan MNC dan perangkat daerah terkait perkiraan keadaan sarana penunjang sehingga kami menyiapkan kebutuhan mulai dari perumahan, sarana pendidikan, kesehatan,” terangnya.

Ditempat yang sama, Plt. Sekretaris Jenderal Dewan Nasional , Elen Setiadi mengungkapkan bahwa KEK Lido adalah program strategis nasional dimana semua pihak terlibat, mulai dari tingkat pusat, provinsi, hingga daerah. Maka, terima kasih atas kerjasama semua pihak khususnya dukungan Kabupaten Bogor sangat baik sekali dan sudah ada kemajuan sampai dengan hari ini.

“KEK Lido sudah layak untuk beroperasi karena sudah sesuai dengan Undang-Undang KEK. Soal tenaga kerja pun terus berporses, kini sudah menyerap ribuan tenaga kerja. Selain itu pengembangan di KEK ini juga harus jadi perhatian,” ujar Elen.

Selanjutnya, Direktur Fasilitas Kepabeanan, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Kementrian Keuangan, Untung Basuki menambahkan, adalah program strategis pemerintah yang membedakan adalah adanya kesatuan bersama seluruh pihak dari tujuan KEK ini.

“Harapan kita KEK Lido ini menjadi unggulan, karena ini sebagai tindak lanjut UU Cipta Kerja. Harapan lainnya, segera dilaksanakan target-target yang sudah ditentukan, maka keterlibatan seluruh pihak jadi yang utama, mulai dari tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten dalam mengembangkan KEK Lido ini,” tutur Untung

Perlu diketahui, pemerintah memberikan insentif fiskal kepada KEK, sehingga harus dimanfaatkan dengan baik. Contohnya di dalam KEK fasilitas insentif fiskal jadi satu, maka sangatlah penting kita melakukan evaluasi hari ini agar KEK Lido jadi unggulan.

Turut hadir dalam acara, yakni Asisten Perekonomian dan Pembangunan Prov. Jabar, Direktur Utama PT. MNC Land Lido, Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Bogor, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor dan seluruh stakeholder terkait.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here