Friday, 26 April 2024
HomeBeritaPublikasi Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor 2022

Publikasi Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor 2022

Pelayanan yang Aktif dan Kolaboratif

Dalam upaya mengajak semua pihak untuk mengoptimalkan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) di wilayah Kabupaten Bogor, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor terus melakukan inovasi dan kolaborasi untuk memperluas jangkauan pelayanan hingga ke pelosok desa. Hal ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat dalam menerima layanan sehingga dapat meningkatkan angka kepemilikan dokumen kependudukan di Kabupaten Bogor. Selain itu, masyarakat juga bisa mendapatkan manfaat lainnya ketika telah memiliki dokumen kependudukan seperti menerima layanan pendidikan, kesehatan, bantuan sosial dan sebagainya.

Beberapa kegiatan dan layanan kolaboratif yang telah dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pelayanan adalah sebagai berikut :

A. Pelayanan di Lokus Desa Binaan DWP

Ditjen Dukcapil Kemendagri bersama Disdukcapil Kabupaten Bogor membuka posko layanan jemput bola adminduk seperti perekaman dan cetak KTP-el, registrasi KTP Digital, pencetakan Kartu Keluarga, KIA, akta kelahiran, akta kematian dan dokumen lainnya. Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian kunjungan kerja Dharma Wanita Persatuan (DWP) Unit Ditjen Dukcapil Kemendagri yang berkolaborasi dengan DWP Disdukcapil Kabupaten Bogor dalam melakukan dan memberikan bantuan sosial serta pembinaan masyarakat di Disa Cibeber Dua, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor.

Hadir dalam acara tersebut seluruh jajaran direktur Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Plt. Kadisdukcapil Prov. Jabar, Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Polhukesra Kabupaten Bogor, Kadisdukcapil Kabupaten Bogor, Camat Leuwiliang, Kades Cibeber Dua, DWP Ditjen Dukcapil; DWP Kemendagri, DWP Disdukcapil Kabupaten Bogor serta warga masyarakat Desa Cibeber. Dalam kegiatan tersebut berhasil melayani sebanyak 347 dokumen kependudukan. Jumlah ini terdiri perekaman KTP-el 119 pemohon, cetak KTP-el 134 keping, cetak akta lahir 47, cetak KIA 44, cetak KK 1, dan cetak akta kematian 2 pemohon.

B. Pelayanan pada kegiatan Bogor Keliling (Boling) di Kecamatan Bojonggede

Dengan semangat memberikan pelayanan yang membahagiakan masyarakat, Disdukcapil Kabupaten Bogor mendukung suksesnya program Bogor Keliling (BOLING) dengan cara ikut serta memberikan pelayanan secara terpadu (3in1) untuk pencatatan kelahiran, pencatatan kematian, perekaman KTP elektronik dan perubahan biodata penduduk atau kartu keluarga.

C. Kadisdukcapil menjadi Narasumber dalam Konsolidasi Pengawasan Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor menjadi narasumber dalam kegiatan Konsolidasi Pengawasan Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kabupaten Bogor pada Senin, 12 Desember 2022. Dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa Disdukcapil berkomitmen untuk mendukung terlaksananya Pemilu Tahun 2024 dan berkolaborasi dengan KPUD dan Bawaslu Kabupaten Bogor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here