Monday, 6 May 2024
HomeNasionalApa Itu QRIS? Berikut Arti, Manfaat, dan Cara Membuat

Apa Itu QRIS? Berikut Arti, Manfaat, dan Cara Membuat

Bogordaily.net–  Apa itu ? Pertanyaan ini menyedot perhatian usai viral seorang pria ditangkap polisi. Pria tersebut diduga menjadi pelaku penipuan barcode palsu di masjid-masjid dan juga kotak amal. Lalu apa itu ?

adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code. Quick Response Code Indonesian Standard atau biasa disingkat (dibaca KRIS).

Dirangkum dari laman , dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan . Tujuannya agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjag​a keamanannya. Para Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang akan menggunakan QR Code Pembayaran wajib menerapkan .

Baca Juga: Pria Penempel Barcode QRIS Palsu di Kotak Amal Masjid Ditangkap

Dengan menggunakan QRIS, seluruh aplikasi pembayaran dari Penyelenggara manapun baik bank dan nonbank yang digunakan masyarakat, dapat digunakan di seluruh toko, pedagang, warung, parkir, tiket wisata, donasi (merchant) berlogo QRIS. Meskipun penyedia QRIS di merchant berbeda dengan penyedia aplikasi yang digunakan masyarakat.

Merchant hanya perlu membuka rekening atau akun pada salah satu penyelenggara QRIS yang sudah berizin dari BI​. Merchant kemudian dapat menerima pembayaran dari masyarakat menggunakan QR dari aplikasi manapun penyelenggaranya.

Transaksi QRIS memakai sumber dana berupa simpanan da atau instrumen pembayaran berupa kartu debet, kartu kredit, dan atau uang elektronik yang menggunakan media penyimpanan server based.

Penggunaan sumber dana dan atau instrumen pembayaran diterapkan berdasarkan usulan dari Lembaga Standar yang disetujui oleh . Untuk nominal transaksi QRIS dibatasi paling banyak sebesar Rp10 juta per transaksi.

Apa saja manfaat QRIS? Bagi Merchant manfaat QRIS di antaranya penjualan berpotensi meningkat karena dapat menerima p​embayaran berbasis QR apapun. Lalu dapat meningkatkan branding, lebih praktis karena cukup menggunakan satu QRIS.

Selain itu manfaat lainnya adalah mengurangi biaya pengelolaan kas, terhindar dari uang palsu serta tidak perlu menyediakan uang kembalian.

Menggunakan QRIS mempermudah transaksi yang tercatat otomatis dan bisa dilihat setiap saat. Kemudian, memudahkan rekonsiliasi dan berpotensi mencegah tindak kecurangan dari pembukuan transaksi tunai.

Cara membuat QRIS

Melalui laman resmi QRIS berikut cara membuatnya:

Pertama masuk ke website www.qris.id

Setelah mendapatkan informasi tentang QRIS klik tombol daftar QRIS atau akses www.qris.id/register

Pilih jenis bisnis sesuai dengan bidang Anda dan lakukan pengisian form

Setelah mengisi form, Anda akan diarahkan untuk melakukan pembayaran QRIS menggunakan E-Wallet (GoPay, OVO, Dana, LinkAja, ShopeePay dll).

Jika sudah melakukan pengisian form tetapi belum melakukan pembayaran maka pendaftaran akan dipending maksimal 14 hari sebelum data isian direset

Jika Anda sudah melakukan pembayaran maka akan mendapatkan username dan password untuk login di halaman Dashboard yang akan dikirim melalui email dan WhatsApp yang diinputkan di form pendaftaran.

Kemudian login di halaman dashboard untuk melengkapi dokumen fisik administrasi dengan melakukan upload data secara mandiri

Setelah masuk di halaman Dashboard QRIS, Anda akan diarahkan untuk upload file kelengkapan administrasi sebelum pengajuan diproses.

Data segera dilengkapi dan diupload dengan benar, maka pengajuan akan diproses untuk mendapatkan NMID terhitung semenjak data diterima lengkap

Jika data yang diupload mengalami kendala, dalam waktu 1×24 jam akan diinfokan kembali untuk diperbaiki melalui email dan WhatsApp

Maksimal dalam waktu 7 hari kerja, Anda akan menerima notifikasi melalui media email dan WhatsApp, apakah data yang disampaikan sudah benar, lengkap atau masih ada yang kurang.

Jika terdapat data yang salah, maka proses pengajuan wajib direvisi atau dilengkapi

Apabila dokumen dan persyaratan sudah lengkap, maka pelanggan dapat langsung cetak QRIS secara mandiri

Demikian penjelasan tentang QRIS, semoga bermanfaat.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here