Monday, 6 May 2024
HomeKabupaten BogorAsmawa Tosepu Minta BPBD Edukasi Masyarakat Soal Tanggap Bencana

Asmawa Tosepu Minta BPBD Edukasi Masyarakat Soal Tanggap Bencana

Bogordaily.net – Penjabat Bupati Bogor, melakukan pengecekan langsung kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik personil, peralatan dan perlengkapan, untuk mengantisipasi di wilayah Kabupaten Bogor. Pengecekan dilakukan usai dirinya memimpin apel pasukan di Halaman Kantor BPBD, Cibinong, Kamis, 18 Januari 2024.

mengatakan, wilayah Kabupaten bogor secara geografis dan topografis cukup labil dan rawan longsor, angin puting beliung serta banjir. Perlu senantiasa menjaga kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi bencana.

“Antisipasi terjadinya bencana di Kabupaten Bogor, kita senantiasa meningkatkan kemampuan para personel, memastikan kesiapan perlengkapan serta sarana prasarana. Kemudian, BPBD memastikan kesiapsiagaan personal dengan piket tiga peleton, yang suatu saat bisa digerakan,” kata Asmawa.

Baca juga : Restoran Karen's Diner Jakarta Resmi Tutup

Asmawa mengungkapkan, alhamdulillah tahun 2023-2024 ini terkait sarana prasarana ada pembaharuan dan penambahan agar dapat memenuhi kebutuhan penanggulangan bencana.

Kemampuan dan keterampilan anggota terus ditingkatkan agar siap secara pengetahuan, fisik, maupun mental sehingga lebih cakap dalam bertugas dan kualitas pelayanan penanganan bencana bagi masyarakat juga semakin meningkat.

“Namun yang paling penting adalah bagaimana kita mengedukasi masyarakat tentang tanggap bencana. Sosialisasi dan edukasi tentang edukasi tentang tindakan preventif dan tanggap darurat kepada masyarakat harus terus dilakukan. Galakkan Kecamatan Tangguh Bencana (Kencana) dan Desa Tangguh Bencana (Destana) yang sudah terbentuk,” ungkap Asmawa.

Baca juga : Sinopsis Film Pasutri Gaje: Lika-liku Rumah Tangga Pasangan PNS

Mantan Pj Wali Kota Kendari menambahkan, pentingnya penggunaan teknologi dalam pemantauan dan sistem informasi bencana untuk meningkatkan ketangguhan dan efektivitas penanggulangan bencana. Kemudian, kolaborasi dan sinergi adalah kunci.

“Maka harus diperkuat sinergi kolaborasi dengan pihak terkait seperti TNI, Polri, relawan, sektor swasta, dan pihak lainnya agar kita dapat merespons bencana dengan lebih efektif,” tutupnya.(Gibran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here