Monday, 22 April 2024
HomeKota BogorDigital Information Day Dorong Literasi Digital di Kalangan Masyarakat

Digital Information Day Dorong Literasi Digital di Kalangan Masyarakat

Bogordaily.net – Asosiasi Pengusaha TIK Nasional () DPD Bogor gelar even yang bertempat di IPB International Convention Center (IICC), Botani Square, Kota Bogor pada Kamis, 22 Februari 2024

Kegiatan Digital Information Day ini digelar bertujuan untuk mendorong literasi digital di kalangan masyarakat juga merupakan bagian dari kerjasama dalam memperkuat pemahaman akan teknologi digital.

Soegihato Santoso selaku Ketua Umum , menyampaikan, acara ini merupakan kelanjutan dari upaya kerjasama untuk meningkatkan literasi digital.

Kerjasama tersebut didukung oleh Microsoft Indonesia dan SiSTECH Kharisma yang memiliki pengalaman luas dalam bidang teknologi.

Baca juga : Sinopsis Exhuma Film Horor Korea yang Dibintangi Lee Dong Hyun

“Ini adalah kesinambungan kerjasama untuk literasi digital. Tentu kita didukung juga oleh microsoft Indonesia, oleh SiSTECH Kharisma yang memang mempunyai pengalaman yang luar biasa,” ucap Soegiharto kepada wartawan, Jum'at 23 Februari 2024.

Soegiharto Santoso yang biasa disapa Hoky ini menekankan pentingnya media dalam memberikan informasi kepada masyarakat mengenai perkembangan teknologi.

“Tentu dengan adanya media bisa memberikan informasi kepada masyarakat supaya mengetahui,” ujarnya.

Kegiatan Rutin

Sementara itu, Ketua , Azka Bazil Danish Rahmat, menjelaskan bahwa acara acara ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan rutin yang selalu digelar oleh .

Selain itu, acara ini menghadirkan berbagai narasumber dari berbagai instansi seperti pemerintah, rumah sakit, pendidikan, dan koperasi.

Untuk kali ini, kata Azka pihaknya fokus utama dari keguatan ini adalah kecerdasan buatan (AI), yang diharapkan dapat membantu masyarakat Bogor memahami dan mengadopsi perkembangan teknologi terbaru.

“Kami mengangkat sharing dan pendampingan teknologi informasi dan komunikasi. Hari ini yang kita angkat bagian dari yaitu AI,” kata Azka.

Dalam acara ini, lanjut Azka dihadiri dari berbagai sektor, termasuk instansi pemerintah, rumah sakit, pendidikan, dan koperasi.

Dalam kegiatan ini, mereka diberikan pemahaman tentang pentingnya kepemahaman teknologi dalam era digital, serta pentingnya mengikuti perkembangan teknologi tanpa takut tertinggal.

“Tentunya Pemkot harus melek kesitu, jadi gak usah ketakutan bahwa tren teknologi yang bagus, perkembangan teknologi yang baru kita harus mengikuti, jangan sampai pradigmanya negatif,” jelasnya.

Dorong Literasi Digital

Baca juga : Wajah Melepuh, Kartika Putri: Insyallah Gak Ada Penyakit Serius

Partner Technology Strategist Microsoft, Amelia Alamasyah, mengaku senang dapat berkolaborasi dengan dalam upaya mendorong literasi digital.

“Kita akan mencoba memberikan teknologi teknologi terkini untuk menunjang kapabilitas dsri sisi keamanan data dan pendidikan, ” katanya.

Untuk itu, Microsoft berkomitmen untuk memberikan teknologi terkini guna mendukung keamanan data dan pendidikan di Indonesia.

“Saya senang banget bisa sharing dengan cyber sekurity, karena data itu penting dan bagaimana cara kita menjaganya itu adalah kebijakan dari masing masing instansi dan prosedur itu juga harus kita sampaikan bagaimana cara melindungi data itu sesuai undang undang yang sudah ada,” jelasnya.

Selain itu, General Manager Produk SiSTECH Kharisma, Bobby Gouwho, memaparkan bagaimana teknologi dapat membantu efisiensi kerja dan memberikan edukasi kepada sekolah-sekolah untuk mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan teknologi di masa depan.

“Kita akan melakukan roadshow untuk membentuk partner di seluruh Indonesia bagaimana teknologi bisa membantu efisiensi dari sisi pekerjaan dan juga mengedukasi sekolah sekolah agar mahasiswa mahasiswanya siap untuk terjun di masyarakat,” tandasnya.(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here