BOGOR CITY

Kuline Bogor di Promosikan di Malaysia. Serius?

BOGORDAILY – Ini baru keren dan kabar baik bagi pengusaha kuliner di Bogor. Menteri Pariwisata Arief Yahya akan mempromosikan kuliner Bogor dan Bandung di Malaysia. “Edisi awal, makanan Bandung dan Bogor akan dipromosikan di Go ASEAN Channel Astro TV Malaysia,” kata Menpar Arief Yahya pada.
Bandung dan Bogor dipilih, karena memiliki hubungan baik dengan Malaysia. Buktinya, pesawat Air Asia sudah terbang dari Kuala Lumpur langsung ke Bandung.

Sedang Bogor, dapat ditempuh dari Jakarta melalui jalur darat dengan dan cukup hijau menyejukkan mata. “Prioritas yang dipromosikan adalah destinasi dengan akses bagus,” jelas Arief Yahya.

Menpar Arief tidak salah membidik Go ASEAN Channel. Sebab, saluran TV itu telah terbukti sukses dengan food channel-nya.

Popularitasnya tak kalah dengan Asian Food Channel yang mempublikasikan Discovery Perak dan Chef Wan yang menceritakan aneka kuliner Malaysia. Jika ingin dibandingkan, kibarannya tak kalah dengan acara Eye on Malaysia yang menceritakan aneka destinasi di Malaysia.

“Indonesia harus memanfaatkan ini. Kita jangan kalah dari Malaysia yang mampu hadir secara masif di televisi seluruh dunia,” terang Arief Yahya.

Menurut Arief Yahya, Indonesia kaya kuliner. Hanya, cara mengemas dan gaya kemasannya belum berorientasi global.

“Bedanya dengan Malaysia, mereka mempromosikan kulinernya, sedangkan kita tidak. Sekarang kita akan all out untuk promosikan berbagai jenis kuliner yang masuk di selera negara tetangga,” ungkap Menpar Arief.

Saat ini, Kemenpar tengah menyiapkan konsep GOTravel, yaitu serial wisata selama 28 menit yang terdiri dari 13 episode dari Go ASEAN channel. Misinya, mempromosikan pariwisata di kawasan ASEAN.

“Jadwal produksinya sedang berlangsung 15–23 Februari 2016. Saat ini, GoTravel memasuki season 3. Kali ini, kami mengambil lokasi di Bogor dan Bandung,” terang Menpar Arief.

Untuk kawasan Bandung, Kemenpar menyiapkan Dusun Bambu, Saung Angklung Udjo, Wayang Golek, Kawah Putih dan Kawah Ratu (Tangkuban Perahu). Ada juga floating market, Tarung Derajat, dan Sapulidi Sawah Patuha Resort.

“Khusus Sapulidi Sawah Patuha Resort masih menunggu konfirmasi,” terang Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara Rizki Handayani Mustafa.

Sementara untuk kawasan Bogor, Kemenpar menyiapkan Taman Safari Indonesia Cisaura, Pancasan (tempat pembuatan gong) dan Hotel Rancamaya.

Keseriusan Kemenpar dalam membungkus program GoTravel makin terlihat saat menggandeng host Adinia Wirasti. “Kalau dari sisi potensi, wisata Indonesia jauh lebih bagus dibanding negara tetangga. Sekarang tinggal melakukan upaya yang tepat untuk melakukan,” pungkas Menpar Arief.(met)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu