MotoGP 2017: Penggunaan Sayap di Motor Resmi Dilarang

  • Whatsapp

BOGORDAILY – Polemik penggunaan winglet atau sayap tambahan pada motor di ajang MotoGP, akhirnya selesai sudah. Komisi Balapan secara resmi mengeluarkan larangan akan pemakaian teknologi tersebut pada musim 2017 nanti.

Penggunaan winglet memang sudah menuai pro dan kontra sejak awal musim ini. Beberapa tim dan pembalap memiliki pendapat berbeda akan penggunaan sayap ini, meski ada beberapa tim yang tak memasangnya.

Read More

Ducati bisa dibilang menjadi tim yang perdana memakai sayap pada motor Desmosedici. Tim pabrikan asal Italia tersebut merasakan fungsi dari sayap tersebut karena secara tidak langsung memberi tekanan pada roda depan agar tidak terangkat saat tarikan.

Teknologi ini kemudian dipakai juga oleh Yamaha dan Honda, walaupun beberapa pembalap memprotesnya dengan alasan keselamatan. Hingga akhirnya, Komisi Balap mengambil keputusan melarang penggunaan sayap.

Ini seperti yang dilakukan sebelumnya pada kelas Moto2 dan Moto3 karena alasan keselamatan. Keputusan ini juga sudah disetujui oleh Asosiasi Produsen (MSMA), Dorna, FIM, dan Asosiasi Tim MotoGP (IRTA).

Pertemuan yang dilakukan jelang balapan GP Belanda di Sirkuit Assen ini, memutuskan bila pelarangan ini akan dimulai pada musim depan. Dan beberapa tim masih bisa mengunakannya hingga akhir musim balapan ini.

“Komisi sepakat dengan efek dari 2017, penggunaan sayap aerodinamis di kelas MotoGP akan dilarang. Regulasi ini meniru para pihak di kelas Moto3 dan Moto2 yang mana penggunaan sayap sudah dilarang,” demikian pernyataan Komisi Balap, dilansir Crash.

“Sayap yang sesuai dengan peraturan teknis saat ini mungkin bisa terus digunakan untuk sisa musim 2016,” lanjut pernyataan tersebut. (BD)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *