Tujuh dari 8 Rumah Sakit Swasta di Bogor Kembali Kerjasama BPJS

Ilustrasi pasien menebus obat resep. TEMPO/M Iqbal Ichsan

 

BOGOR DAILY – Sebanyak tujuh dari 8 rumah sakit swasta di Kota dan Kabupaten Bogor kembali dipertimbangkan perpanjangan kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Adang Suptandar mengatakan, di Kabupaten Bogor ada enam rumah sakit yang tidak diperpanjang kerja samanya dengan BPJS. Namun hanya satu yang dipastikan tidak diperpanjang.

“Memang ada enam rumah sakit, tapi berdasar informasi dari Kadinkes Bogor, lima RS sedang berproses sehingga dipertimbangkan untuk diperpanjang (kerja sama),” kata Adang saat ditemui disela kegiatannya, Senin (7/1).

Adang mengatakan, pemutusan kerja sama oleh BPJS Kesehatan tersebut terkendala oleh proses akreditasi rumah sakit swasta dengan mengacu pada aturan Permenkes No. 99 tahun 2015 tahun 2015 tentang Perubahan Permenkes No 71 tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesehatan Nasional.

“Ada satu rumah sakit yang dipastikan diputus tanpa pertimbangan, karena persoalan ijin operasionalnya harus di verifikasi ulang,” lanjut Adang yang tidak menyebutkan rumah sakitnya tersebut.

Terpisah, Kuasa Hukum RS Bina Husada, Usep Supratman mengatakan, per Senin 7 Januari 2019, RS Bina Husada sudah kembali melayani pasien BPJS.

“Alhamdulillah RS Bina Husada sudah bisa lagi MoU dengan BPJS, dan sejak pukul 09.00 tadi kami sudah melayani pasien BPJS Kesehata, terima kasih atas supportnya,” kata Usep mengkonfirmasi.

Hingga saat ini, belum ada pernyataan resmi dari BPJS Cibinong terkait kembali diperpanjangnya kerja sama RS Swasta yang sebelumnya diputus sementara oleh BPJS.

Berdasar informasi yang dihimpun Tempo, Kementerian Kesehatan melalui suratnya bernomor HK.03.01/Menkes/18/2019 tertanggal 4 Januari 2019 kembali memperpanjang 169 rumah sakit swasta se Indonesia yang diantaranya tujuh rumah sakit swasta di Kota dan Kabupaten Bogor. adapun rumah sakit tersebut antara lain, RSU Annisa, RS Bina Husada, RS Dr. Sismadi, RS Asysyifaa, dan RSIA Permata Pertiwi untuk di Kabupaten Bogor, sedangkan di Kota Bogor yakni RSKIA Sawojajar dan RSIA Bunda Suryani.

Sebelumnya, Humas BPJS Cibinong, Wahyo Bhiantoro mengatakan ada enam rumah sakit swasta di Kabupaten Bogor yang diputus kerja samanya dengan BPJS yakni RS Citama, RSU Annisa, RS Bina Husada, RS Dr. Sismadi, RS Asysyifaa, dan RSIA Permata Pertiwi untuk di Kabupaten Bogor. (tempo.co/bdn)

 

Bagaimana Komentar Kamu?