Friday, 26 April 2024
HomeBeritaMenko Polhukam Meminta Perbatasan Negara Perketat Pengawasan Protokol Covid-19

Menko Polhukam Meminta Perbatasan Negara Perketat Pengawasan Protokol Covid-19

BOGORDAILY – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan () Mahfud MD meminta pengelolaan perbatasan negara untuk memperketat pelayanan dan pengawasan dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Hal tersebut agar mencegah adanya penyebaran virus asal Wuhan, China itu yang semakin masif.

“Seluruh petugas pelayanan yang tercepat beserta pelintas agar mematuhi 3M: memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, serta berperilaku hidup sehat,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Jumat (18/9).

Dia menjelaskan, kawasan perbatasan negara yang dimaksud adalah seluruh pintu gerbang perbatasan negara. Mulai yang telah dinyatakan sebagai pintu resmi, yaitu pos lintas batas negara (PLBN) dan tempat pemeriksaan imigrasi. Maupun pintu lain yang belum dinyatakan sebagai jalur resmi.

Sementara itu, Mahfud juga mengingatkan, dua hal yang dilakukan dalam menangani Covid-19. Yaitu melalui upaya pencegahan dan melalui pengobatan. Untuk itu, dia terus mengajak masyarakat agar mematuhi protokol 3M, terutama memakai masker.

“Karena dengan memakai masker kita itu bisa memperkecil risiko penularan. Kalau tidak memakai masker maka kita bisa menulari orang lain atau bisa ditulari oleh orang lain,” terangnya.

Dia mengatakan, hingga saat ini pemerintah juga terus melakukan upaya pengobatan dalam penanganan Covid-19. Mahfud menekankan, agar upaya pencegahan lebih diutamakan. Adapun terkait pencegahan, upaya yang paling tepat yaitu dengan vaksinasi.

“Tetapi karena sekarang ini proses vaksin secara ilmiah masih terus dikaji pemerintah maka kita harus menggunakan vaksin alami, vaksin alami yang sekarang ada itu adalah memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” tutup Mahfud.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here