Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaPersiapan Sarana dan Prasarana Tahun Perkuliahan Baru di STAI Al-Hidayah Bogor

Persiapan Sarana dan Prasarana Tahun Perkuliahan Baru di STAI Al-Hidayah Bogor

BOGOR DAILY – Bersiap di tahun baru dengan masa perkuliahan tahun baru ya, masih bingung untuk mencari yang terbaik dan membawa kebaikan, cuma STAI Al-Hidayah Bogor jawabannya.

Berikut kita akan ulas, liputan Eksklusif Bogordaily.net kepada Ustadz Sarifudin S.Pd.I, M.Si. Wakil Ketua II (Bidang Keuangan, Kepegawaian dan Sarana dan Prasarana) STAI Al-Hidayah Bogor

Berikut Petikan wawancaranya :

1. Apa saja yang disiapkan oleh STAI Al-Hidayah dalam hal sarana dan prasarana untuk menyambut tahun perkuliahan baru ini ???
Jawaban :
√ Di masa pandemi covid 19 ini, STAI Al-Hidayah Bogor sudah sangat siap dalam menyambut perkuliahan di semester genap ini secara offline (tatap muka), akan tetapi kami sedang menunggu surat rekomendasi Satgas Covid 19 Kota Bogor agar kampus STAI Al Hidayah Bogor bisa melaksanakan perkuliahan secara offline (tatap muka) karena surat rekomendasi itu sebagai dasar hukum kami dalam melaksanakan perkuliahan secara tatap muka.

Adapun bukti kesiapan sarana prasarana dalam menyambut perkuliahan baru ini adalah adanya peremajaan dan pembangunan gedung yang ada di STAI Al-Hidayah (baik itu gedung A dan Gedung B). Untuk meningkatkan kenyaman para masyarakat (civitas) kampus STAI Al-Hidayah Bogor kami melakukan pengecoran terhadap seluruh area parkir yang ada di lingkungan STAI Al-Hidayah Bogor.

Di masa pandemi covid 19 ini, kami menyediakan cek suhu tubuh (termometer) yang kami siapkan di depan pintu gerbang masuk STAI Al-Hidayah (pos satpam), dan mewajibkan penggunaan masker di area kampus dengan menyediakan poster-poster tentang pencegahan covid 19, kami juga menyediakan tempat (perlengkapan) untuk cuci tangan dan Hand Sanitizer.

Sarana adalah peralatan atau perlengkapan yang secara langsung mendukung proses pembelajaran di kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor. Sampai saat ini Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hidayah Bogor telah memiliki sejumlah sarana untuk menunjang kegiatan Tridharma perguruan tinggi di semua jurusan dan program studi. Sarana yang dimiliki oleh STAI Al-Hidayah Bogor adalah meliputi sejumlah gedung B berlantai 3 yang difungsikan untuk ruang kuliah (kelas-kelas), laboratorium, perpustakaan serta ruang-ruang lainnya. Kami juga berusaha untuk memenuhi fasilitas kelas dengan menyediakan AC pada tiap-tiap kelas yang ada.
Untuk menunjang kegiatan perkuliahan di STAI Al-Hidayah Bogor, kami juga memiliki fasilitas yang lengkap, seperti laptop, komputer, LCD, layar, AC, perlengkapan ruang kuliah kursi, meja, papan tulis, speaker, perlengkapan ruang dosen seperti meja, kursi, rak buku, sarana teknologi informasi, internet yang sangat kuat sehingga dapat digunakan oleh seluruh masyarakat kampus, dan sarana yang lainnya yang sangat memadai serta lengkap untuk kepentingan sistem pembelajaran di STAI Al-Hidayah Bogor.
Prasarana adalah peralatan atau perlengkapan yang secara tidak langsung menunjang proses
pembelajaran di kampus STAI Al-Hidayah Bogor. Prasarana yang digunakan saat ini adalah: luas tanah yang luas, yang terdiri dari Gedung rektorat, ruang Program Studi, ruang LPPM, ruang LPM, ruang IT, ruang jurnal, gedung pelayanan akademik dan kemahasiswaan seperti Biro Administrasi, Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK), ruang Biro Admininistrasi Keuangan (BAKU), Masjid dua lantai, ruang Dewan Eksekutif Mahasiswa, ruang pos keamanan (Satpam), halaman parkir yang sangat luas (betonisasi), ruang UKS, ruang dosen, ruang rapat dosen, ruang aula, ruang staf pengelola program studi, ruang sidang, ruang seminar, asrama mahasiswa beasiswa yang sangat luas, perlengkapan toilet, kamar mandi, sarana transportasi mobil dan motor dinas, Sarana olahraga seperti lapangan bulutangkis, lapangan tenis meja, lapangan panahan, dan prasarana lainnya.

STAI Al-Hidayah Bogor memiliki gedung Jurnal, gedung ini merupakan ruangan untuk mempublish penelitian secara online yang dilakukan oleh para dosen dan juga para mahasiswa STAI Al-Hidayah Bogor, serta mempublish laporan kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa STAI Al-Hidayah Bogor. Ruangan ini sebagai pusat kegiatan ilmiah untuk mempublish pengembangan penelitian para dosen dan mahasiswa. STAI Al-Hidayah Bogor memiliki 5 (lima) program studi yang masing-masing memiliki jurnal ilmiah yang terakreditasi oleh sinta, serta memiliki jurnal pengabdian kepada masyarakat. Adapun karya ilmiah para mahasiswa di publish melalui PROSA yaitu Prosiding STAI Al-Hidayah Bogor.

2. Sejak kapan proses pendaftaran calon mahasiswa dan mahasiswi baru untuk di STAI Al-Hidayah Bogor ???…
Jawaban :
√ Berdasarkan kalender akademik untuk pembukaan pendaftaran mahasiswa baru sebentar lagi akan kami buka, yaitu mulai bulan Februari sampai Agustus 2021, oleh sebab itu kepada masyarakat luas segera persiapkan diri anda, keluarga anda, saudara anda untuk daftar dan berkuliah di kampus STAI Al-Hidayah Bogor sebagai Sekolah Tinggi peringkat 1 terbaik se-Jawa Barat dan Banten cluster PTKIS.

3. Bila bicara perihal biaya kuliah, boleh sedikit bocoran kemudahan mengenai Pembiayaan kuliah di STAI Al-Hidayah Bogor ???…
Jawaban :
√ -InsyaAllah untuk biaya kuliah di STAI Al-Hidayah Bogor masih sangat terjangkau dengan sistem perkuliahan yang maksimal.
-Biaya kuliah masih bisa di cicil, sehingga terjalin rasa kekeluargaan yang Islami.
-Pada semester yang akan datang (semester genap) pembayaran biaya kuliah bisa melalui sistem SIAKAD Pintar STAI Al-Hidayah (Virtual Acount), para mahasiswa juga dapat mengetahui jumlah tunggakan melalui SIAKAD pintar ini, sehingga para mahasiswa tidak perlu direpotkan datang ke kampus untuk melakukan pembayaran, sehingga hal ini dapat memudahkan para mahasiswa dalam melakukan transaksi pembayaran biaya kuliah karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

4. Adakah program beasiswa kuliah untuk mahasiswa baru, bila ada apa saja kriteria penerima beasiswa tersebut ???…
Jawaban :
√ Selain program beasiswa yang diberikan oleh yayasan secara penuh sampai lulus kepada mahasiswa lulus seleksi program beasiswa yayasan.
-Al Hamdulillah di STAI Al-Hidayah Bogor hampir setiap tahunnya kami memberikan beberapa beasiswa kepada para mahasiswa, seperti Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP), berkat izin Allah Subhanahu wa Ta’ala di tahun 2020 kami dipercaya oleh Kemenag RI menjadi Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) beasiswa KIP, beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi akademik maupun non akademik yang memiliki kartu KIP/ KJP/KKS, atau yang penghasilan orangtuanya terdampak pandemi covid 19, sehingga sebagaimana arahan dari pemerintah, jangan sampai terjadi lagi orang yang dari keluarga kurang mampu di larang untuk berkuliah karena pada dasarnya mereka sebagai warga negara memiliki hak yang sama yaitu mendapatkan pendidikan sampai tingkat perguruan tinggi, beasiswa KIP ini diberikan dari semester 1 sampai dengan semester 8 (lulus), persemesternya mereka mendapatkan beasiswa sebesar Rp 6.600.000,-
-Kami juga menjadi PTP program Beasiswa Pendidikan untuk Masyarakat Miskin (BIDIKMISI) pada tahun 2018 dan 2019 beasiswa bidikmisi ini di peruntukkan untuk calon mahasiswa kurang mampu tetapi memiliki prestasi akademik maupun non akademik, beasiswa ini sebanarnya hampir sama dengan beasiswa KIP, dan setiap semesternya mereka mendapatkan beasiswa Rp 6.600.000,-
-Kami juga memberikan beasiswa bagi para calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik, seperti memiliki nilai rapor yang tinggi (rata-rata 80), juara olimpiade-olimpiade dan lain-lain. Serta memberikan beasiswa prestasi non akademik, seperti beasiswa Tahfidz Al-Qur’an, beasiswa ini kami berikan kepada para calon mahasiswa yang memiliki jumlah hafalan Al-Qur’an yang banyak, dan juga beasiswa bagi mahasiswa yang memiliki prestasi olahraga minimal di tingkat kota/kabupaten. Beasiswa akademik dan non akademik ini berupa potongan biaya kuliah, sehingga selain para mahasiswa mendapatkan beasiswa output lainnya adalah para mahasiswa selalu mengembangkan potensi prestasi mereka.

5. Bagaimana trik dalam menyikapi metode perkuliahan daring di era Pandemi ini untuk STAI Al-Hidayah Bogor ???…
Jawaban :
√ -trik yang kami lakukan dalam menyikapi perkuliahan secara daring adalah dengan menyiapkan segala fasilitas yang ada untuk mendukung suksesnya perkuliahan secara daring tersebut, seperti memberikan pelatihan-pelatihan kepada para dosen agar para dosen selalu berinovasi dalam kegiatan perkuliahan secara daring, sehingga perkulihan tersebut berjalan maksimal dan menyenangkan seperti menggunakan metode google classroom, google meet, zoom meeting dan lain-lain.
-Untuk mendukung kelancaran kegiatan perkuliahan secara daring kami STAI Al-Hidayah memberikan subsidi bagi seluruh mahasiswa berupa bantuan kompensasi biaya kuota Rp 100.000 persemester,
-kami juga telah memfasilitasi agar seluruh mahasiswa aktif STAI Al-Hidayah mendapatkan bantuan kouta gratis sebesar 50 GB perbulan selama pandemi covid 19 ini, sehingga bantuan kuota gratis tersebut sangat menunjang untuk kegiatan perkuliahan secara daring bagi para mahasiswa STAI Al-Hidayah Bogor sehingga tidak ada alasan lagi mahasiswa tidak mempunyai kuota internet karena kami sudah memberikan kuota internet gratis per bulan 50 GB.

6. Untuk informasi lengkap perihal pendaftaran mahasiswa baru, bisa menghubungi kemana dan dengan siapa ???…
Jawaban :
√ Bisa mengakses Website: staia.ac.id atau nomor menghubungi nomor WA/HP Admin STAI Al Hidayah Bogor 0821 1822 2300 serta Tlp kantor: 0251-8625187

7. Adakah penambahan fasilitas perkuliahan dalam tahun perkuliahan baru ini di STAI Al-Hidayah Bogor ???…
Jawaban :
√ STAI Al-Hidayah berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh mahasiswa, hal ini di buktikan dengan akan diberlakukannya Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Pintar STAI Al-Hidayah Bogor pada semester yang akan datang, sehingga dengan adanya pelayanan SIAKAD Pintar STAI Al-Hidayah Bogor yang dilakukan secara online, kami berusaha melayani para mahasiswa STAI Al-Hidayah Bogor dalam hal pelayanan akademik seperti pembuatan transkrip akademik, administrasi keuangan mahasiswa dan pelayanan akademik lainnya secara online sehingga para mahasiswa tidak perlu datang ke kampus.
Rencana kedepan kampus STAI Al-Hidayah Bogor dalam pengadaan sarana dan prasarana adalah pembangunan gedung C, yang diperuntukkan untuk Gedung Pasca Sarjana STAI-Hidayah Bogor, gedung ini rencananya akan kami bangun berlantai 3 sehingga keberadaan gedung ini dapat menunjang kegiatan perkuliahan pasca sarjana STAI Al-Hidayah Bogor.

=============================

“Biodata Lengkap”
Sarifudin, S.Pd.I., M.Si.
• Wakil Ketua II (Bidang Keuangan, Kepegawaian dan Sarana dan Prasarana) •

√ Nama Lengkap : Sarifudin.

√ TTL : Cirebon, 08 November 1982.

√ Alamat : Jl. Raya Cimanglid Desa Sukamantri Rt.003/001 Kec. Tamansari Kab. Bogor.

√ Hobby : Badminton dan Bersepeda.

√ Quote : Ikhtiar dan Tawakal untuk meraih kesuksesan Dunia dan Akhirat

√ Pendidikan :
1. SD Negeri 2 Kedongdong Susukan Cirebon.
2. SMP Negeri Susukan Cirebon.
3. SMA Negeri 1 Arjawinangun Cirebon.
4. S1 STAI Al-Hidayah Bogor.
5. S2 Menara Siswa Bogor.

(Red-BDN).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here