Kisah Awal Leak Bali, Kemunculan Makhluk Seram Pencari Tumbal

Menu

Mode Gelap
Sekolah SMPN 16 Kota Bogor Digondol Maling, Kerugian Capai Rp 15 juta Siap-siap, Uji Coba Kelas BPJS Kesehatan Dihapus Besok Diisukan Hamil Anak Jay Park, Ini Tanggapan Jessi SuaraPemerintah.ID dan TRAS N CO Indonesia Berikan Penghargaan Istimewa untuk BPR Korea Utara Beberkan AS-Korsel-Jepang Mulai Membentuk “NATO Versi Asia”

Kisah Misteri ยท 2 Mar 2022 15:08 WIB

Kisah Awal Leak Bali, Kemunculan Makhluk Seram Pencari Tumbal


 Leak Bali Memiliki Kisah yang Mengerikan Diawal Kemunculannya. (beritabali/Bogordaily.net) Perbesar

Leak Bali Memiliki Kisah yang Mengerikan Diawal Kemunculannya. (beritabali/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Pulau Bali, menjadi tempat pariwisata populer berkat keragaman adat-istiadat penduduknya yang kental. Salah satu kesenian di Pulau Dewata ini yang menjadi magnet wisatwan adalah pertunjukan Leak.

Pertunjukan yang biasanya dilakukan pada malam hari ini, tentunta mejadi sala satu aktivitas wisata yang menyenangkan bagi banyak orang yang datang kesana. Terlebih para turis luar negeri, yang penasaran dengan tarian lokal tersebut.

Namun, tahukah kalian? Bahwa Leak adalah ilmu hitam legendaris yang sangat ditakuti oleh masyarakat di Bali. Leak juga dikenal sebagai makhluk mitologi yang mencari tumbal. Berikut ulasan mengenai misteri Leak.

Berasal dari Legenda Cerita Rakyat

Sesuai nama pertunjukannya, misteri mengenai Leak berasal dari sosok makhluk gaib bernama Calonarang yang merupakan penguasa tertinggi dari perliakan atau ilmu Leak dalam bahasa Bali.

Dahulu, ada kerajaan bernama Daha yang dipimpin oleh Raja Airlangga yang sangat besar dan makmur. Namun dibalik itu, terdapat satu wilayah yang didiami oleh seorang janda tua bernama Ki Rangda yang menguasai Ilmu Leak dan merupakan pengikut dari Betari Durga, sang Dewi Kesesatan.

Ki Rangda menguasai ilmu hitam tersebut akibat sakit hati usai kematian suaminya yang diduga diakibatkan oleh kejahatan sihir. Ia pun melampiaskan amarahnya dengan berbuat jahat sesuka hatinya. Akan tetapi di sisi lain, ia memiliki putri yang sangat cantik jelita dan memiliki tabiat baik yang bernama Ratna Manggali.

Putrinya tersebut sebenarnya menjadi primadona, namun masyarakat setempat sangat takut dengan Ki Rangda, mengakibatkan Ratna Manggali tak kunjung juga dipersunting walau telah memasuki usia layak menikah.

Hingga pada akhirnya suatu waktu, datang seorang pemuda yang hendak mempersunting putrinya. Pemuda tersebut bernama Widiasta, yang sesungguhnya memiliki tabiat buruk dan ia memiliki motif untuk berguru ilmu hitam kepada Ki Rangda.

Suatu hari, Widiasta melakukan tindakan tidak terpuji yang menyebabkan ia dipersekusi oleh warga desa dan dibuang ke desa lain. Seiring berjalannya waktu, Ki Rangda yang mengetahui kejadian tersebut menjadi sangat murka.

Ia memutuskan untuk mempelajari ilmu Leak hingga tingkat tertinggi untuk membalas dendam dengan menyebarkan wabah penyakit di seluruh penjuru kerajaan, membuat Raja Airlangga gelisah karena prajurit terbaiknya sekalipun tidak mampu mengalahkannya.

Singkat cerita, misi berhasil. Ki Rangda luluh oleh sikap Bahula, dan murid Empu Baradah tersebut hidup bahagia bersama Ratna. Wabah penyakit hilang, situasi perlahan membaik.

Akhirnya Ki Rangda berubah menjadi sosok ‘Leak’ yang menyeramkan, yakni sosok raksasa dengan mata besar, bergigi taring dengan perawakan yang tinggi besar, serta berbulu dengan lidah menjulur panjang.

Kisah tersebut kemudian diabadikan menjadi pertunjukan kesenian yang sering ditampilkan dalam pertunjukan kebudayaan seperti Festival Galungan.

Ilmu Leak mensyaratkan tumbal bagi siapa saja yang mempelajarinya. Tidak main-main, tumbalnya adalah daging manusia atau darah seorang janin yang masih di dalam kandungan ibu.

Hingga era modern seperti saat ini pun, masyarakat Pulau Dewata masih mempercayai bahwa terdapat segelintir orang yang menguasai ilmu untuk mencapai kekebalan tersebut.***

Artikel ini telah dibaca 400 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Konon Jadi Penjaga Gaib, Berikut Arti Khodam dan Ciri-Cirinya

1 Juli 2022 - 11:14 WIB

5 Mitos Zaman Dulu yang Masih Dipercaya Sampai Sekarang

30 Juni 2022 - 21:50 WIB

Mitos Zaman Dulu

Jaga Uang dari Makhluk Gaib, Begini Cara Mengusir Tuyul

29 Juni 2022 - 19:50 WIB

Mitos Ikan Duyung dari Berbagai Belahan Dunia

28 Juni 2022 - 18:42 WIB

Kisah Mistis Malam 1 Suro, Larangan Keluar Rumah Hingga Menikah

28 Juni 2022 - 16:00 WIB

kisah malam 1 suro

Muncul Sejak Zaman Belanda, Ini Mitos dan Asal-Usul Babi Ngepet

27 Juni 2022 - 13:47 WIB

Trending di Kisah Misteri