Deretan Mitos Malam 1 Suro, Nomor Terakhir Paling Seram

Menu

Mode Gelap
Rincian Harga Emas di Pegadaian Senin, 26 September 2022 Cepat dan Mudah, Berikut Lokasi Perpanjang SIM Kota Bogor Hari Ini Heboh Rumor Xi Jinping Dikudeta, Jadi Tahanan Rumah Bertambah, Kasus Positif Covid-19 di Tanah Air Capai 1.411 Pasien 5 Penyakit yang Wajib Diwaspadai Saat Musim Hujan

Kisah Misteri · 26 Jul 2022 13:47 WIB

Deretan Mitos Malam 1 Suro, Nomor Terakhir Paling Seram


 Ilustrasi tengah malam. (Pixabay/Urbanasia.com/Bogordaily.net) Perbesar

Ilustrasi tengah malam. (Pixabay/Urbanasia.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net–  Menjelang 1 Muharam, masyarakat Jawa menyebutnya dengan malam 1 Suro. Terdapat mitos malam 1 Suro dan dianggap sakral oleh masyarakat Jawa. Tahun 2022 ini, malam 1 suro menurut perhitungan kalender Masehi bertepatan dengan tanggal 30 Juli 2022. Dalam kalender Islam atau hijriah, 1 Suro 2022 bertepatan dengan 1 Muharram 1444 Hijriah.

Malam 1 Suro konon dikenal sebagai Lebarannya makluk gaib. Terdapat mitos bahwa malam satu suro menjadi malam buruk dalam satu tahun. Maka dari itu, banyak ritual dan tradisi yang dilakukan untuk menyambut malam sakral tersebut. Berikut mitos-mitos  malam 1 Suro sebagaimaan dirangkum dari Dream.co.id:

Dilarang Berpergian

Adanya kepercayaan mistis pun membuat sebagian orang percaya pada mitos dan pantangan yang harus dipatuhi pada malam 1 Suro. Misalnya, masyarakat Jawa tidak percaya lebih baik berdiam diri di rumah pada malam Tahun Baru Jawa ini. Sebab, jika nekat pergi ke luar, ada mitos yang menyebut kesialan dan hal buruk akan datang menimpa.

Tidak Boleh Pindah Rumah

Selain itu, masyarakat Jawa juga pantang pindah rumah pada malam 1 Suro sebagian orang tidak percaya untuk tidak melakukan pindah rumah ketika malam 1 Sura karena dianggap bukan hari baik. Serupa dengan pantangan wajib, pantangan pindah rumah ini juga diyakini akan menjadi kesialan jika dilanggar.

Tidak Mengadakan Pesta

Sebuah pantangan bagi budaya Jawa jika orang tua menikahkan anaknya pada bulan Sura. Kepercayaan mereka mengatakan, jika tetap dilakukan maka keluarga akan mendapat kesialan. Beberapa juga mengatakan kalau hal itu hanyalah mitos belaka. Alasanya, jika masyarakat mengadakan pesta pada malam Sura dianggap menyaingi ritual keraton yang akan dirasa sepi.

Tak Boleh Banyak Bicara

Beberapa orang memilih untuk melakukan ritual masing-masing saat 1 Suro. Beberapa orang di antaranya adalah tapa bisu. Saat mengikuti ritual tapa bisu, yakni mengelilingi Keraton Yogyakarta sangat dipantang untuk berbicara satu kata pun. Makan, minum serta merokok juga sangat dilarang untuk dilakukan saat ritual tersebut.

Makhluk Halus Bergentayangan

Konon malam 1 Suro identik dengan pestanya makhluk halus, sehingga mereka akan keluar di malam yang dikeramatkan ini.  Konon akan banyak makhluk halus bergentayangan pada Malam 1 Suro.  Meski belum berkembang luas, tetapi beberapa kalangan masih meyakini bahwa di Malam 1 Suro, arwah leluhur mereka akan pulang ke rumah. Bahkan ada larangan untuk keluar rumah pada malam 1 Suro ini untuk menyambut arwah leluhur yang datang.***

Artikel ini telah dibaca 300 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Rasakan Malam Erotis, Wanita Ini Siap Nikah dengan Kekasih Hantunya

26 September 2022 - 09:07 WIB

Terowongan Casablanca Bekas Kuburan Massal, Kalau Lewat Klakson 3 Kali

25 September 2022 - 20:16 WIB

terowongan Casablanca

Pengalaman Mistis Dialami PKL di Rumah Sakit Angker, Ditertawakan Kuntilanak

23 September 2022 - 13:02 WIB

mistis rumah sakit

Merinding! Penampakan Putri Cantik dan Keraton Gaib Pajajaran di Curug Kondang

22 September 2022 - 19:20 WIB

Banyak Hantu Gentayangan, Ini 3 Cerita Horor di Bioskop Atoom Citeureup

22 September 2022 - 11:53 WIB

cerita horor bioskop atoom

Kuntilanak Auto Kabur! Ini Benda-Benda Paling Ditakuti Makhluk Halus

22 September 2022 - 05:48 WIB

Trending di Kisah Misteri