Sosok Hantu Mumun Kerap Muncul di Jambore Cibubur

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Antam Naik Hari Ini, Kamis 8 Desember 2022 Info Gempa Terkini di Indonesia, Rabu 7 Desember 2022 Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 7 Desember 2022 Perpanjang SIM Kabupaten Bogor, Berikut Harga dan Lokasinya Usai Depak Korsel, Vinicius Berharap Bisa Menari sampai Final Piala Dunia

Kisah Misteri · 25 Agu 2022 15:02 WIB

Ada di Danau, Sosok Hantu Mumun Kerap Muncul di Jambore Cibubur


 Hantu Mumun di Danau Jambore Cibubur. (direktori/Bogordaily.net) Perbesar

Hantu Mumun di Danau Jambore Cibubur. (direktori/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Kawasan bumi perkemahan dan graha wisata (buperta) cibubur, kerap dipilih menjadi lokasi perkemahan para pramuka. Lokasi ini juga identik dengan Jambore Nasional. Tetapi selain identik dengan pramuka, ternyata di sini juga ada hantu yang suka menganggu. Salah satu yang legenda yakni hantu si mumun.

Buperta menyediakan lokasi berkemah bagi siapa saja yang datang. Kegiatan yang bisa kita lakukan di sana bermacam-macam, seperti berkemah, outbound, bermain sepeda air di danau atau sekedar jalan-jalan. Sewa lokasi untuk berkemah juga sangat terjangkau. Jangan kuatir jika kita tak bawa perlengkapan kemah Buperta menyediakan tenda berbagai ukuran dengan harga kisaran Rp 40.000 sampai Rp 300.000. Jika kita tidak ingin berkemah, di sana juga tersedia penginapan berupa wisma yang nyaman.

Siapa sangka, di balik semua fasilitasnya yang cukup nyaman bagi pengunjung, ternyata Buperta Cibubur juga menyimpan kisah seram. Sudah jadi rahasia umum, jika kawasan perkemahan Cibubur dikenal cukup angker meski terletak dekat kota besar dan dikelilingi perumahan. Berbagai penampakan kerap muncul,salah satu nya hantu mumun.

Danau yang terdapat di kawasan Buperta juga dikenal sebagai danau yang angker. Sekitar tahun 80-an di danau yang cukup luas tersebut pernah ditemukan mayat seorang wanita berseragam pramuka. Kabarnya sejak kejadian itu sering terlihat sosok wanita berseragam pramuka berdiam diri menghadap danau tetapia ketika didekati wanita berseragam pramuka itu lenyap entah kemana, yang terasa hanya hembusan angin yang menerpa wajah orang yang mendekatinya.

Penduduk setempat menamainya Si Mumun. Penghuni danau Buperta ini berwujud seorang perempuan yang konon berwajah cantik. Menurut penuturan seorang anggota Satuan Pengamanan (satpam) Buperta Cibubur bernama Taih, kisah tentang hantu Si Mumun telah dikenal masyarakat Cibubur, Pondok Ranggon, dan sekitarnya sejak lama. ”Masyarakat sini sih udah lama tahu tentang Si Mumun. Nama itu udah dikenal orang ketika Situ Baru masih bernama Rawa Jembiung,” terang Taih dengan Iogat Betawi pinggirannya.

Nama Situ Baru sendiri menurut catatan sejarah Buperta Cibubur mulai digunakan sejak bumi perkemahan itu diresmikan sebagai lokasi jambore nasionai. Jadi, sekitar tahun 1981 sebeIum seperti sekarang ini, Situ Baru saat masih bernama Rawa Jemblung dikenai sebagai danau yang penuh dengan tanaman air sehingga kadang orang yang tidak panam wilayah itu menganggapnya sebagai daratan biasa. Padahal bila seseorang menginjakkan kaki di atas tanaman air yang menyerupai rumput itu akan terperosok ke dalam air bahkan bisa tenggelam.

Suatu ketika ia dipaksa kawin oleh orangtuanya dengan seorang pemuda anak orang kaya. Namun, karena dia sudah memiliki kekasih, Mumun tidak setuju dengan rencana perkawinannya itu. Tetapi orangtuanya tetap memaksa agar gadis itu menikah dengan pemuda idaman orangtuanya. Karena kesal dan tidak mau dikawin paksa, akhirnya Mumun pergi ke Rawa Jemblung dan memutuskan mengakhiri hidupnya di sana. Sejak itulah, arwahnya kerap muncul di wilayah yang kelak menjadi bumi perkemahan.

Sampai tahun 1990-an hantu si Mumun masih sering muncul di arena perkemahan. Namun kemunculannya tidak mengganggu, hanya sekedar menampakkan diri. Apalagi sekarang keadaan Buperta Cibubur tidak sesepi dulu. Karena tidak jauh dari gerbang masuk Buperta telah berdiri SPBU, macam-macam restoran dan berbagai sarana permainan sehingga kesan angker tidak begitu terasa lagi. Meskipun begitu, para pengunjung terutama para remaja tetap diingatkan agar tetap menjaga tingkah Iaku supaya tidak terjacii hal-hal yang tak diinginkan.(*)

(Riyaldi)

 
Artikel ini telah dibaca 1,000 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Kisah Mistis Pendaki Gunung Kesasar ke Pasar Setan

8 Desember 2022 - 21:01 WIB

Kisah mistis pendaki gunung

Kisah Menyeramkan, Penampakan Koloni Pocong yang Melintas di Kali Boyong

7 Desember 2022 - 21:56 WIB

Pocong Kali Boyong

Misteri Gunung Kawi, Jadi Tempat Pesugihan

6 Desember 2022 - 16:01 WIB

Tempat Pesugihan

Mitos Gunung Semeru, Kisah Mbah Dipo hingga Ranu Kumbolo

5 Desember 2022 - 21:19 WIB

Ih Serem, 6 Tempat di dalam Rumah yang Disukai Makhluk Halus

3 Desember 2022 - 11:17 WIB

rumah makhluk halus

Seram, Nih Jenis Jin yang Suka Nempel di Tubuh Manusia

2 Desember 2022 - 10:46 WIB

Trending di Kisah Misteri