MOTIVASI

Menilik Teknologi Pertanian di Peradaban Muslim

BOGORDAILY – Para petani di dunia Muslim abad ke-9 meluncurkan revolusi agrikultur ketika mereka mulai menggunakan metode baru dalam bercocok tanam.

Selama Peradaban Muslim, orang-orang bepergian jauh sampai Tiongkok dan Spanyol, mencari pengetahuan baru di bidang agrikultur dan botani.

Informasi baru yang mereka dapatkan dikumpulkan di buku-buku mengenai ilmu pertanian untuk dibaca semua orang.

Buku-buku pedoman itu mengajarkan bagaimana cara menghasilkan hewan ternak terbaik, menumbuhkan spesies baru tanaman, mengairi ladang, menggunakan pupuk, dan memberantas hama.

Sistem agrikultur di dunia Muslim awal termasuk salah satu yang paling rumit dan ilmiah yang pernah dikembangkan. Perubahan di dunia agrikultur memajukan ekonomi, kota, gaya hidup, dunia masak-memasak, pakaian, dan lain-lainnya.

Ahli botani abad ke-12 Ibnu al-Awwam mengembangkan penelitian bangsa Mesir, Yunani, dan Persia serta menulis Kitab al-Filahah (Kitab Agrikultur). Buku Ibnu Ibnu al-Awwam adalah buku petunjuk untuk para petani mengenai segala hal, mulai dari menanam pohon hingga berternak lebah.

Dalam buku tersebut memberikan tips untuk memberantas hama dan bahkan memberitahu cara memasak bahan makanan hasil panen. Para petani di dunia Muslim belajar menumbuhkan tanaman yang berbeda di tanah yang sama. Metode ini disebut rotasi tanaman.

Rotasi tanaman, penggunaan kincir air besar yang disebut Na’urah, dan pengembangan pompa air memungkinkan petani menumbuhkan tanaman baru dan memanen sebanyak empat kali setiap tahunnya.

Tercatat dibutuhkan 8.000 Na’urah untuk memasok air ke semua ladang di Valencia, Spanyol Muslim. Kanal bawah tanah yang disebut Qanat digunakan untuk menyalurkan air dan menjaganya agar tidak menguap.

Kanal-kanal tersebut membawa air dari pegunungan yang diselimuti salju menuju ladang-ladang di iklim kering di Andalusia, Spanyol Selatan. Demikian dirangkum dari “1001 Penemuan dan Fakta Mempesona Peradaban Muslim”, (Okezone)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu