Kata Wakil Bupati Bogor, Kesetiakawanan Sosial Menembus Batas

  • Whatsapp

BOGORDAILY – Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan menghadiri puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tingkat kabupaten Bogor 2019, bertempat di Lapangan Tegar Beriman di perkantoran Pemerintah Kabupaten Bogor, Cibinong pada Senin (16/12/19).

Disampaikan Iwan, tema peringatan HKSN tahun 2019 adalah ”Kesetiakawanan Sosial Menembus Batas”. Kesetiakawanan Sosial dimaksudkan agar dapat menjadi Kekuatan Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Nasional, terutama bagi para generasi muda agar bersama-sama mengatasi problema bangsa, yang saat ini tengah dilanda arus globalisasi. Serta bertujuan untuk menggugah perasaan empati terhadap orang lain, melalui aksi nyata demi kebaikan semua. Sehingga bisa menjadi suatu kekuatan untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan nasional.

Read More

“Dalam momen Hari Kesetia kawanan Sosial ini juga akan diberikan Penghargaan kepada Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) berprestasi yang telah memberikan sumbangsih terhadap penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Kabupaten Bogor. Dan pemberian bantuan secara simbolis kepada PSKS dan PMKS,” kata Iwan.

Peringatan HKSN telah menjadi agenda nasional yang diperingati setiap tahunnya tepatnya tanggal 20 Desember. Peringatan sebagai ungkapan rasa syukur karena sesuai dengan sejarah perjalanan bangsa melalui kesetiakawanan sosial kita berhasil menjadi bangsa yang merdeka, berdaulat dan bermartabat. Kesetiakawanan sosial telah menjadi bekal perjuangan bangsa dalam menghadapi berbagai ancaman tantangan. Kesetiakawanan menjadi modal sosial dalam melanjutkan cita-cita perjuangan bangsa untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tingkat Kabupaten Bogor pertama kali diselenggarakan pada Tahun 2010, Kabupaten Bogor menjadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Kesetiakawanan Sosial Tingkat Nasional. Yang selanjutnya dilaksanakan setiap tahun,” ujar nya.

Disamping itu Peringatan HKSN juga menjadi momentum penting untuk terus memelihara, menanamkan, menumbuhkembangkan dan merevitalisasi nilai-nilai kesetiakawanan sosial yang telah terpatri dalam diri Bangsa Indonesia dan menjadi bagian dari budaya kita untuk diimplementasikan dan didayagunakan dalam menghadapi tantangan dan mengatasi berbagai permasalahan bangsa seperti kemiskinan, ketertinggalan/ keterpencilan, keterlantaran, ketunaan sosial, kecacatan dan kebencanaan serta masalah-masalah lainnya.

Selanjutnya, pada kesempatan ini pula Pemerintah Kabupaten Bogor juga ingin mengucapkan terima kasih atas bantuan, dukungan serta kerjasamanya semua pihak, instansi terkait, TNI/Polri, Yayasan/ Lembaga Kesejahteraan Sosial, Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS), kalangan dunia usaha yang peduli pada program kesejahteraan sosial, serta pihak-pihak terkait lainnya sehingga acara ini dapat terselenggara.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bogor, Rustandi mengatakan peringatan hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) merupakan momentum membangun ingatan kolektif seluruh elemen masyarakat Indonesia tanpa kecuali, agar nilai-nilai kesetiakawanan sosial tetap kuat sebagai modal sosial, sebagai stimulus berbagai gerakan peduli dan aksi sosisal di masyarakat dalam bentuk apapun, sehingga dapat menimbulkan kerekatan sosial, meminimalisir kesejangan sosial dan menciptakan kedaulatan sosial. (andi/diskominfo kabupaten bogor)

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *